Paul Chiam - Diabetes and Heart Disease How Cardiologists Can Help

About Dr Paul Chiam

Dr Paul Chiam is a cardiologist practising at Mount Elizabeth Hospital and Mount Elizabeth Novena Hospital, Singapore. He subspecialises in interventional cardiology, and performed the first transcatheter aortic valve replacement (TAVR) procedure in Asia in 2009.

Diabetes dan Penyakit Jantung: Bagaimana Dokter Spesialis Jantung Dapat Membantu

Bagi penderita diabetes, masalahnya tidak berhenti di sini. Tidak peduli diabetes tipe mana yang Anda derita, semuanya meningkatkan risiko terjadinya komplikasi jangka panjang.

Namun, salah satu komplikasi yang paling serius adalah yang berhubungan dengan jantung. Pada kenyataannya, sejauh ini penyebab kematian paling utama pada penderita diabetes adalah penyakit jantung diabetes.

Itulah sebabnya mengapa dokter spesialis endokrinologi bukan satu-satunya ahli yang harus Anda kunjungi untuk berkonsultasi dalam hal mengelola diabetes Anda. Seorang dokter spesialis jantung intervensi juga dapat membantu Anda untuk mengelola kondisi tersebut.

Apa hubungan antara diabetes dan jantung?

Di Mount Elizabeth Hospital, Dr Paul Chiam, bukanlah orang yang asing bagi para pasien diabetes yang juga memiliki penyakit kardiovaskular.

“Diabetes sedikit meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular,” jelas Dr Chiam. “Diabetes sendiri melakukan 2 hal. Satu, kadar gula darah yang tinggi membuat pasien lebih mudah mengalami penyumbatan pembuluh darah di seluruh tubuh. Dua, pasien dengan diabetes cenderung memiliki profil kolesterol yang sangat buruk, khususnya komponen kolesterol jahat, yang mengalami peningkatan secara signifikan.”

Namun, bukan hanya risiko penyakit kardiovaskular yang harus dikhawatirkan oleh penderita diabetes. Menurut Dr Chiam, penderita diabetes yang mengalami serangan jantung cenderung bertambah parah dan memiliki kemungkinkan hidup yang lebih rendah dibandingkan dengan pasien jantung tanpa diabetes.

Bagaimana seorang dokter spesialis jantung intervensi dapat membantu?

Berikut ini hanyalah beberapa contoh yang dapat dilakukan oleh seorang dokter spesialis jantung intervensi untuk mengurangi risiko penyakit jantung diabetes.

1. Membantu mengelola kolesterol Anda

Bagi orang kebanyakan tanpa faktor risiko yang sudah ada sebelumnya, SingHealth merekomendasikan kadar low-density lipoprotein (LDL), atau kolesterol jahat, untuk dijaga agar tetap berada di bawah 2,6mmol/L. Bagi penderita diabetes, yang sudah memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit kardiovaskular, dokter spesialis jantung dapat membantu untuk memastikan bahwa angka tersebut bahkan lebih rendah lagi. “Kami mendorong mereka untuk menargetkan kurang dari, katakanlah, 1,8mmol/L,” ujar Dr Chiam. “Kami membuatnya lebih ketat karena kami tahu bahwa risikonya lebih tinggi.” Namun 1,8mmol/L bukanlah sebuah angka yang dipahat pada batu. Dr Chiam menegaskan bahwa kadar LDL optimal dapat disesuaikan berdasarkan masing-masing kasus.

2. Merekomendasikan pengobatan

Bicara mengenai kolesterol, seorang dokter spesialis jantung dapat meresepkan statin dengan dosis yang lebih tinggi bagi penderita diabetes, bila dibandingkan dengan yang diresepkan bagi pasien non-diabetes yang memiliki kolesterol tinggi. Statin adalah suatu jenis obat, yang mana, menurut Dr Chiam, telah menunjukkan dapat menurunkan kadar kolesterol dan, pada akhirnya, juga menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Aspirin, suatu obat pengencer darah, juga dapat diresepkan dalam dosis rendah oleh seorang dokter spesialis jantung untuk menurunkan risiko Anda terkena serangan jantung dan stroke.

3. Membantu mengelola gaya hidup Anda

Seorang dokter spesialis jantung dapat merekomendasikan pasien yang menderita diabetes dan penyakit jantung untuk meningkatkan rejimen olah raga mereka, karena olah raga teratur mencegah tekanan darah tinggi dan meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh kita. Ini semua adalah hal yang baik bagi jantung. Dan karena kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya penumpukan plak dalam pembuluh-pembuluh darah Anda, pada kenyataannya, lebih banyak berolah raga juga akan menurunkan risiko terjadinya penimbunan plak.

4. Menawarkan bantuan darurat

Bila seorang pasien diabetes mengalami serangan jantung, dokter spesialis jantung intervensi akan siap sedia untuk melakukan angioplasti, yang akan membantu membuka pembuluh darah yang tersumbat. Namun hal ini tidak hanya berlaku bagi pembuluh darah di sekitar jantung. Pembuluh darah pada kaki juga dapat tersumbat oleh penyebab yang sama. Ini dikenal sebagai penyakit arteri perifer, yaitu suatu kondisi yang dapat ditangani oleh seorang dokter spesialis jantung intervensi.

Temukan beberapa prosedur medis yang tersedia bila Anda perlu menjalani pengobatan jantung. Dengan cakupan asuransi yang tepat, jumlah tagihan Anda dapat diperkirakan dan dikelola dengan lebih baik, sementara Mount Elizabeth Hospitals dapat membantu dengan semua klaim Medisave, MediShield Life dan Integrated Shield Plan.

Untuk ketenangan batin Anda, bicaralah dengan salah seorang dokter spesialis jantung kami hari ini atau bacalah mengenai bagaimana cara melakukan klaim asuransi kesehatan untuk membayar tagihan rumah sakit Anda.

Hubungi kami untuk mendapatkan janji dengan seorang dokter spesialis dalam waktu 24 jam.

Central Patient Assistance Centre

Hotline 24 Jam: +65 6735 5000

Email: cpac@parkwaypantai.com

Buat janji secara online: www.parkwayhospitals.co.id

Daftar AXA Mandiri FitNation Di Sini